BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Manusia adalah mahkluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan YME, manusia tidak dapat hidup sendiri atau dapat dikatakan manusia adalah makhluk sosial. perbedaan yang membedakan antara Manusia dengan Makhluk lainnya adalah manusia diberi ilmu dan nafsu yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. akal pikiran tersebut digunakan untuk hal yang baik seperti bertahan hidup. makin kesini manusia semakin berkembang, dahulu pada zaman purba manusia telah dapat menciptakn alat-alat yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaanya seiring berjalannya waktu, peralatan tersebut dapat berkembang lebih canggih karena manusia memiliki akal pikiran yang dapat dipergunakannya. oleh karena itu manusia memiliki derajat yang lebih tinggi dari makhluk ciptaan tuhan lainnya dan manusia diberi kewajiban lebih untuk menganut agama dan beribadah kepada tuhannya, berbeda dengan hewan yang tidak diberi kewajiban tersebut.
Kebudayaan adalah sesuatu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. atau dapat diartikan perilaku manusia terhadap lingkungannya termasuk agama, perilaku, seni, bahasa maupun peralatan hidup yang digunakan manusia selama hidupnya.
Rumusan Masalah
- Kenapa ISD sebagai MKDU?
- Apa pengertian dan tujuan dari ISD?
- Bagaimana hubungan antara ISD dengan IPS?
- Apa saja ruang lingkup dari ISD?
Tujuan Masalah
Tujuan saya membuat makalah tentang ilmu budaya dasar ini selain untuk mendapatkan nilai tugas mata kuliah ilmu budaya dasar adalah memberitahu kepada para pembaca dan para mahasiswa baru baik universitas negeri maupun swasta lebih mengenal ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum, pengertian dan tujuan ilmu sosial dasar itu sendiri, dan juga ruang lingkup dari mata kuliah ilmu sosial dasar.
BAB II
ISI
ISD adalah singkatan dari Ilmu Sosial Dasar.
Sebelum kita mengetahui hakekat dan fungsi ISD, sebaiknya kita mengetahui
terlebih dahulu apa itu Sosial.
Berikut ini adalah pengertian dan
definisi Sosial menurut para ahli;
·
LEWIS - “Sosial
adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi
sehari-hari antara warga Negara dan pemerintahannya”
·
KEITH JACOBS - “Sosial
adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas”
·
RUTH AYLETT - “Sosial
adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan
terintegrasi”
·
PAUL ERNEST –
“Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka
terlibat dalam berbagai kegiatan bersama”
·
PHILIP WEXLER - “Sosial
adalah sifat dasar dari setiap individu manusia”
Setelah membaca makna sosial dari
beberapa ahli, akhirnya saya dapat menyimpulkan makna dari social tersebut. Sosial
adalah suatu kegiatan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia agar
dapat mempererat hubungan satu dengan yang lainnya. Sebuah proses penanaman
atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke
generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat disebut Sosialisasi.
Sosialisasi ini sangat penting dalam kehidupan karena kita tidak akan bisa
hidup sendiri tanpa berdampingan dengan masyarakat lain, bahkan dengan hewan
dan tumbuh-tumbuhan sekalipun. Maka dari itu, manusia disebut sebagai Makhluk
Sosial.
ü ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu
dasar yang mempelajari tentang kehidupan sosial. Ilmu-ilmu Sosial Dasar
tersebut beberapa diantaranya adalah; Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Antropologi
dan Psikologi Sosial.
ü FUNGSI ILMU SOSIAL DASAR DI PERGURUAN
TINGGI
Setelah menelaah makna dari Ilmu Sosial
Dasar dia atas, secara otomatis kita dapat mengetahui fungsi dari ISD dalam
kehidupan bermasyarakat. Namun, yang akan saya bahas kali ini adalah Fungsi ISD
di Perguruan Tinggi.
1.1 Ilmu Sosiologi
Sosiologi adalah ilmu sosial yang bertujuan
untuk memahami sifat-sifat berbeda dari setiap manusia yang ditemuinya.
Sosiologi sangat berfungsi di Perguruan Tinggi terutama untuk para Mahasiswa
Baru agar tidak merasa sendiri diantara orang-orang yang tidak dikenal.
1.2 Ilmu Ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang
perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Fungsinya di
Perguruan Tinggi adalah sebagai pedoman untuk bersikap hemat. Dengan
mempelajari ilmu ini, kita akan tahu mana yang termasuk kebutuhan primer
(pokok), sekunder, dan tersier.
1.3 Sejarah
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari asal
muasal atau sejarah suatu kejadian, tempat, atau peristiwa dimasa lampau atau
silsilah suatu keturunan. Fungsinya di perguruan tinggi adalah untuk mengetahui
sejarah dari Perguruan Tinggi trsebut.
1.4 Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu
sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu
etnis tertentu. Ini juga sangat penting fungsinya di Perguruan Tinggi
terutama bagi para Mahasiswa Baru. Salah satunya adalah agar kita dapat
mengetahui sifat dan adat dari mahasiswa lain karena pasti dalam satu Perguruan
Tinggi terdapat mahasiswa dengan budaya yang berbeda-beda. Jika kita sudah
memahami atau mengetahui budaya serta adat dari daerah mereka masing, maka kita
dapat memaklumi jika ada sifat yang sedikit bertentangan dengan kita.
1.5 Psikologi Sosial
Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan kelompok. Fungsinya adalah untuk mengetahui
bagaimana sifat atau watak dari seseorang atau kelompok yang kita temui.
Berdasarakan pada tulisan diatas,
maka dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial ini memang penting diterapkan di
kehidupan bermasyarakat agar tercipta sebuah kehidupan yang rukun dan tidak
terasing, egois, serta dapat memahami satu sama lain.
ü PENGERTIAN
Untuk menjawab berbagai tantangan dan
persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber filsafat yang
dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokkan menjadi tiga :
I.
Natural
Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada
rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang
pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah
Dasar adalah mempelajari tentang metode – metode ilmu kealaman dalam
menjelaskan gejala – gejala alam secara lebih filosofis. meliputi: Fisika,
Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
II.
Sosial
Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), adalah sekelompok disiplin akademis yang
mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan
sosialnya. terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah,
Psikologi, Geografi dan lain-lain.
III.
Humanities
(Ilmu-ilmu Budaya) adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat
manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori
yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah,
Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan,
Kesenian, Psikologi).
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan
seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah
satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan
yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh
masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi,
antropologi, psikologi sosial.
• Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan
gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai
disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak
mungkin dipadukan.
• Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan
disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan
metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian
sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
• Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu
bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan
pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya
mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga
lebih peka terhadapnya.
2. TUJUAN
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah
Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
Ø Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
Ø Peka terhadap masalah-masalah sosial
dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
Ø Menyadari bahwa setiap masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
Ø memahami jalan pikiran para ahli dari
bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya
adalah :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi
untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang
berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang
terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya
adalah :
a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di
Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan
Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu
matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari
sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada
pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan
kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
4.Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar.
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasikan kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan, yaitu :
1. Kenyataan=kenyataan sosial
yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu.Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda
oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan
pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial
dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan
3. untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan.
Sumber Referensi :
https://nathaniaseptavy.wordpress.com/tag/3-kelompok-ilmu-pengetahuan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar